Breaking News

Kutil Kelamin, Penyebab dan Gejelanya

Kutil Kelamin

kutil kelamin

Kutil kelamin merupakan penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh infeksi virus papiloma (HPV). Penularan penyakit iniĀ  terjadi melalui kontak kulit dengan kulit, hubungan seksual dan air. Penyakit kutil kelamin bisa terjadi pada pria dan wanita.

Penularan penyakit kelamin kutil kelamin ditunjang oleh beberapa faktor, diantaranya melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung, melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang mempunyai riwayat penyakit kelamin, aktif aktivitas seksual dari usia remaja seperti masrturbasi, onani dan penggunaan sex toys.

Gejala Kutil Kelamin

Kutil kelamin tumbuh dengan ukuran kecil menyerupai jerawat pada area kulit yang lembab, hangat dan tertutup. Pada pria tumbuh pada sekitar ujung dan batang penis. Untuk pria yang tidak disunat, kutil tumbuh pada kulit depannya (kulup). Pada wanita, kutil tumbuh pada bibir miss v, tempat tumbuh bulu dan sekitar lubang miss v. Kutil tumbuh berkelompok menyerupai kembang kol, bisa juga tumbuh saling terpisah. Selain pada kelamin, kondiloma kadang tumbuh dekat lubang dubur.

Gejala umum dari penyakit ini adalah:

  • Gatal
  • Perih jika kutil luka
  • Kutil berbentuk sedikit runcing dengan ujung berwarna putih atau abu-abu.
  • Kutil bisa tumbuh banyak dan pada tempat yang lain.
  • Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan kanker rahim pada wanita.

Pengobatan Penyakit Kutil Kelamin

Pengobatan kutil kelamin terbagi menjadi dua, yakni pengobatan topikal dan prosedur ablasi. Pengobatan topikal dilakukan dengan mengoleskan obat berbentuk salep, krim, atau cairan yang mengandung zat tertentu pada kutil. Biasanya pengobatan topikal diterapkan pada kutil yang tergolong ringan.

Sedangkan prosedur ablasi baru akan diterapkan jika obat-obatan topikal tidak sanggup menangani kutil. Beberapa contoh prosedur ablasi adalah eksisi, bedah listrik, cryotherapy, dan bedah laser.

[ baca juga Obat Kutil Kelamin Mujarab ]

Kutil kelamin merupakan kondisi yang dapat kambuh kembali pada sebagian orang. Jarak waktu kambuh bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin

“Mencegah lebih baik daripada mengobati” ini adalah ungkapan yang sering kita dengar. Memang betul, supaya kita tidak terkena penyakit infeksi kelamin ini, lakukan beberapa pencegahan, diantaranya:

  • Setia pada satu pasangan
  • Selalu menjaga kebersihan area kelamin menggunakan sabun khsusus
  • Menggunakan kondom ketika berhubungan seksual
  • Melakukan vaksin HPV untuk pencegahan dini

2 thoughts on “Kutil Kelamin, Penyebab dan Gejelanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *